Jumat, 24 Juni 2011

Bener Meriah

1. SEJARAH DAN RIWAYAT BENER MERIAH
Bener meriah merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi nanggroe Aceh Darussalam. Kabupaten ini berdiri pada tanggal 25 Februari 2004 yang memisahkan diri dari kabupaten Aceh tengah. Bener meriah memekarkan dirinya karena di daerah dingin itu memiliki banyak potensi alam yang cukup untuk dikelola dan dikembangkan kembali.
Bener Meriah yang beribukota Redelong, memiliki luas wilayah 1.454,09 km, dengan tofografi daerah yang berbukit-bukit. Daerah ini terletak di wilayah pedalaman Aceh, tepatnya di dataran tinggi Gayo. Kawasan ini bertemperatur antara 26 derajat Celsius dan 32,5 derajat Celsius. Dengan curah hujan 1.000-2.500 mm, berkisar setiap tahunnya 143 s/d 178 hari, yakni terjadi sekitar September s/d Februari sementara musim kemarau terjadi pada Maret hingga Agustus.
Daerah yang dihuni penduduk sekitar 112.093 jiwa ini, memiliki kelembaban udara maksimum 75,8% sedangkan minimumnya 30%. Keanekaragaman budaya karena banyaknya suku bangsa yang secara bersama hidup di wilayah ini, menambah khazanah tersendiri.
Bener Meriah, didominasi oleh suku Gayo, sehingga di daerah ini masih tetap tegak budaya leluhur yakni adat Gayo, yang keberadaannya masih bertahan di daerah pemekaran Aceh Tengah ini.

2. POTENSI ALAM
Bener meriah memiliki banyak potensi alam yang cukup banyak untuk dikelola oleh pemerintah daerah baik itu dibidang pertanian, perikanan, peternakan dan pertambangan.
a.  Bidang pertanian
Salah satu potensi alam yang besar dimiliki oleh bener meriah adalah dibidang pertanian. Hampir 75 % mata pencaharian masyarakat bener meriah adalah dibidang cocok tanam seperti perkebunan kopi yang cukup terkenal sampai keluar daerah bahkan luar negeri, kemudian adalah tanaman palawija seperti kentang, wortel, kol, brokoli, cabe, tomat, bayam, sawi, padi,terong belanda “agur” dan lain sebagainya.
Tak hanya itu, di bidang pertanian ini  bener meriah juga memiliki tanaman buah seperti jeruk, durian yang banyak terdapat di daerah kec. Timang gajah, alpokat, langsat, rambutan,coklat, dan strawbery yang baru-baru ini berhasil dikembangkan di daerah ini.
Tak hanya itu, daerah ini mempunyai tanaman yang tidak di terdapat di daerah lain yaitu jenis sayuran yang namanya sayur “jepang”, sayuran ini  adalah salah satu jenis labu yang hanya tumbuh subur di daerah dingin ini. karena terlalu suburnya tanah  tanh didaerah ini sampai- sampai buah jipang yang tanpa ditanam biasa tumbuh dengan suburnya tanpa perawatan.

b.  Bidang perikanan
Dalam usaha perikanan, Bener meriah memiliki potensi yang cukup bagus perkembangannya baik dari segi pembibitan maupun pemasarannya yang cukup mudah karena masyarakat sangat gemar mengkonsumsi ikan yang banyak mengandung protein.
Jenis ikan yang banyak dikembangkan adalah ikan nila atau orang sekitar menyebutnya “gule jaher”, kemudian ikan bawal dan juga ikan lele.

c.    Dibidang peternakan
Seperti daerah-daerah lainnya Bener Meriah juga tidak kalah saing di bidang peternakan bahkan lebih unggul dibandingkan dengan daerah lainya karena pakan ternak yang cukup mudah didapatkan.
Hewan yang dikembangkan yaitu sapi, kerbau, kambing, ayam, babek dan sebagainya.

d.  Bidang pertambangan
Dalam bidang pertambangan pemerintah daerah telah berupaya keras untuk mengembangkannya karena ini merupakan asset daerah yang cukup besar dan berdampak besar terhapat pendapatan daerah. Salah satunya adalh pertambangan pasir yang terletak di daerah km. 85 atau sekitar 7 km dari ibu kota Redelong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

logo BM

logo BM